Migrasi Sebagian Email ke Gmail

Dalam beberapa situasi diperlukan melakukan migrasi sebagian email user dari mail server lama (misal mail server yang disediakan oleh hostingan) ke mail server Gmail (G Suite). Hal ini dapat dilakukan dengan cara Split Delivery dan Dual Delivery.

Dengan split delivery, jika akun email tidak ditemukan di mail server Google akan diteruskan ke mail server lama. Dengan demikian baik user di mail server lama maupun mail server Googe akan dapat menerima email yang dikirim.

Namun demikian apa bila pengirim bersasal dari mail server lama, maka pesan tidak sampai ke akun email yang ada di mail server Google. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan setting dual delivery disisi mail server lama.

Split Delivery

Dengan split delivery, seluruh email di routingkan ke G Suite Mail Server. Berikut cara mengkonfigurasi Split Delivery :

1 Update MX records di panel DNS anda ke G Suite Mail Server.
 gmail-mx-records
2 Login ke  Google Admin console (https://admin.google.com).
3 Dari Dashboard, masuk ke: Apps > G Suite > Gmail > Host
4 Klik “Add Route” untuk menambahkan route
Kemudian tambahkan route host setup dengan pilih jenis hostname dan input nama servernya lalu klik save untuk menyimpan data.
5 Lalu scroll ke bagian bawah, temukan bagian Default Routing

6 Pada bagian bawah Default Routing, klik Add Setting (Maka akan terbuka window dialog baru)
Pilih Recipient kemudian klik save

Kemudian pilih “Change Route” untuk merubah setting routing yang di inginkan kemudian klik tombol “save”

 

7  Pada opsi Deliver email for , pilih Unknown mailbox accounts only. Lalu klik tombol save. Dibutuhkan waktu sampai dengan 1 jam agar terpropogasi keseluruh user

Dual Delivery

Dual delivery dilakukan dengan memforward email yang berasal dari akun dari mail server lama ke akun alias yang berada di mail server Google. Berikut tahapan mengkonfigurasi dual delivery.

1 Buat sub domain baru di panel DNS dimana kita melakukan hosting, misal alias.solarmora.com
2 Buat domain alias dari Admin Console G Suite, lakukan verifikasi domain seperti saat menambahkan primary domain saat setup G Suite di awal.
3 Lalu lakukan forwarding email di mail hosting lama untuk akun yang sudah di pindah ke mail server google. Misalkan akun demo@solarmora.com sudah di pindahkan ke mail server google, maka di mail server lama lakukan forwarding jika ada email dari local mail server lama ke demo@solarmora.com  ke akun demo@alias.solarmora.com

Contoh Setting Email Forwarding di Masterweb

1 Settingan DNS record alias, masuk dari menu: Domain>Kelola Domain dan DNS>solarmora.com>Sunting DNS. Setelah mealakukan penambahan record seperti contoh berikut, lakukan update dan klik tombol selesai. Jika propogasi telah selesai dapat dilakukan pengecekan dengan command dos: nslookup -q=MX alias.solarmora.com
 dns-alias
2 Settingan Mail forward dari menu Email>Kelola Email>solarmora.com>Kelola
 

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *